Negara yang disukai dan tidak disukai oleh orang Amerika

Menurut Yahoo News, dari jajak pendapat ‘Gallup’s Annual World Affairs Poll’ diketahui bahwa di mata orang Amerika, Kanada merupakan negara yang paling mereka sukai.
Hasil jajak pendapat ‘Gallup’s Annual World Affairs Poll’ menunjukkan Kanada memperoleh 92 % suara sehingga ditentukan sebagai negara yang paling disukai.
Negara Mana Saja yang Disukai dan Tidak oleh Orang Amerika
Di mata orang Amerika, Canada merupakan negara yang paling mereka sukai. (internet)

Sedangkan Korea Utara hanya memperoleh 9 % suara, tidak diragukan hal itu sebagian besar disebabkan oleh kepemimpinan Kim Jong-un yang diktator. Ini adalah tahun kedua di mana Korea Utara tergolong dalam kriteria negara yang paling tidak disukai. Tahun lalu, Korea Utara bahkan berada di bawah Iran negara yang selama 9 tahun berada di peringkat paling bawah. Namun tahun ini, Iran memperoleh 11 % suara.
Negara yang berada di peringkat tengah seperti Inggris, Prancis, Rusia, Kuba, Irak dan Afghanistan, lalu bagaimana dengan mereka itu ?
Tahun ini Inggris kembali mengalahkan Prancis dengan memperoleh suara dukungan sebesar 90%. Hal yang patut mendapat perhatian adalah meskipun telah terjadi serangan teroris yang berkaitan dengan kasus majalah Charlie pada Januari tahun ini, tetapi Prancis masih saja bisa memperoleh 82 % suara dari pendukung. Sebenarnya sejak 1991, orang Amerika memandang positif terhadap Prancis, namun setelah 2003, ketidak sepahaman masalah invasi Amerika ke Irak sempat mengganggu hubungan kedua negara itu, sehingga pada tahun itu Prancis hanya memperoleh 34 % suara pendukung.
 Di sisi lain, suara yang mendukung Rusia telah berkurang sebanyak 10 % bila dibandingkan dengan tahun lalu. Tetapi Kuba justru memperoleh penambahan suara sebanyak 8 %. Saat ini, 43 % orang Amerika memandang optimis terhadap Kuba.
Hal yang menarik adalah negara-negara yang masih dianggap lumayan baik itu adalah : Irak (15 %), Suriah (14 %) dan Afghanistan (14 %). (Secretchina/Sinatra/rahmat)

Previous
Next Post »